JUMPA. BAKTI. GEMBIRA.

Jumbara 5 PMR PMI Provinsi Bali Tahun 2025

Dokumentasi

Jumbara

Berita

Jumpa Bakti Gembira V

Palang Merah Remaja PMI Provinsi Bali

Jumbara merupakan miniatur dari penerapan manajemen Palang Merah Remaja, yaitu dari proses perekrutan, pelatihan, Tri Bakti PMR, pengakuan dan penghargaan, pemantauan dan evaluasi. Proses perekrutan tercermin pada saat seleksi peserta Jumbara di masing-masing PMI setempat. Setiap anggota PMI mendapatkan pelatihan sebelum mereka terlibat dalam kegiatan Tri Bakti PMR. Dalam Jumbara terdapat beberapa kegiatan untuk meningkatkan keterampilan hidup sehat dan menjadi calon Relawan, anggota PMR tidak hanya tahu dan terampil tetapi juga perlu memahami dan menerapkannya

Jumbara dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dengan mengurangi sifat kompetisi/lomba dan lebih menekankan pada evaluasi bersama dikaitkan dengan proses pembinaan PMR sesuai dengan tugas peran dan fungsi masing-masing komponen (Pengurus, Staf, Pembina PMR, Pelatih PMI dan anggota PMR)

Tujuan

Tujuan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) adalah “Meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai pendidik sebaya, melalui pendekatan keterampilan hidup”.

  • Memberikan wadah kepada PMR untuk belajar menjalankan perannya sebagai model sebaya, pendukung sebaya dan pendidik sebaya (peer leader, peer support, peer educator).
  • Mengarahkan peserta untuk mampu mengaplikasikan tujuh prinsip dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memberikan wadah bagi remaja untuk berperan dalam menyampaikan ide-ide merencanakan, melaksanakan, terlibat dalam pengambilan keputusan dan pemantauan serta evaluasi.
  • Mengumpulkan dan review informasi yang berkaitan dengan proses berjalannya suatu kegiatan.
  • Mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bakti PMR, dan pengembangan kapasitas.
  • Berjumpa untuk saling berbagi dan meningkatkan Pengetahuan Keterampilan Sikap (PKS) yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyamakan persepsi antara pengurus, staf, pembina PMR, pelatih PMI, dan anggota PMR dalam pembinaan PMR dengan pendekatan pendidikan karakter.
  • Memberikan gambaran secara komprehensif pembinaan PMR sesuai dengan siklus pembinaan PMR kepada pengurus, staf, pembina PMR, pelatih PMI, dan anggota PMR.
  • Mengembangkan program dan kegiatan yang berkesinambungan, dengan remaja sebagai motor penggerak perubahan.
  • Mengembangkan kreativitas remaja dalam mencari solusi terhadap tantangan perubahan iklim melalui program edukatif dan aksi sosial.

Jumbara

Waktu

20 Juli 2025

Check In

21 Juli 2025

Pembukaan

21–24 Juli 2025

Kegiatan

24 Juli 2025

Penutupan

24 Juli 2025

Check Out

Timeline Kegiatan JUMBARA V PMI Provinsi Bali

Jumbara

TEMPAT

Taman Wisata Gangga Buyan
Desa Pancasari,
Kecamatan Sukasada,
Kabupaten Buleleng.

Denah Jumbara

Jumbara

FASILITAS

  • Keamanan dalam perkemahan menjadi tanggung jawab warga perkemahan dan dibawah panitia keamanan.
  • Semua peserta wajib menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh arena perkemahan.
  • Peserta dilarang membuat kekacauan dan kegaduhan dalam semua acara kegiatan selama jumbara PMR berlangsung.
  • Jam malam berlaku mulai 23.00-05.00 WITA. Diharapkan peserta menjaga keamanan dan ketenangan.

  • Kebersihan dalam perkemahan, MCK, maupun area Jumbara menjadi tanggung jawab setiap peserta secara keseluruhan.
  • Air dan MCK telah tersedia di area perkemahan.

Lampu penerangan diperoleh dari lampu, genset, atau instalasi listrik yang dialirkan ke semua sektor penting.

  • Setiap regu peserta wajib memiliki obat-obatan untuk Pertolongan Pertama dan obat-obatan khusus bagi anggotanya.
  • Peserta yang menderita sakit dan tidak dapat ditangani oleh regu, wajib melapor ke pos kesehatan Jumbara PMR.

  • Pelayanan konsumsi peserta (termasuk penggembira dan peninjau) dikelola oleh kontingen masing-masing termasuk biaya dan peralatan.
  • Panitia menyediakan Dapur Umum di arena perkemahan bagi panitia, juri, dan fasilitator.

  • Untuk beribadah, peserta dapat melakukanya di tempat yang telah tersedia atau tenda masing-masing.
  • Peserta wajib menjaga dan memelihara kebersihan dan ketertiban di tempat ibadah dan sekitarnya.
  • Peserta wajib menghormati peserta lain yang sedang melakukan ibadah.

  • Waktu berkunjung bagi tamu dilakukan pada pk. 10.00 – 14.00 dan pk. 17.30 – 19.00 WITA, dengan membawa surat pengantar dari sekretariat Panitia/Aparat Perkemahan dan mengenakan tanda pengenal tamu yang dipinjamkan oleh Panitia.
  • Selain jam berkunjung tamu, peserta dilarang menerima tamu kecuali ada izin khusus dari Panitia/Aparat Perkemahan.

  • Diadakan hiburan malam berupa Pentas Remaja.
  • Pentas Remaja dilakukan oleh peserta Jumbara PMR.

  • Bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari dapat dibeli di kedai/warung/pasar yang ada di sekitar acara perkemahan.
  • Jual-beli/pemasaran barang-barang dilarang dilakukan di arena perkemahan lain kecuali ditempat yang telah ditentukan.

  • Transportasi kontingen menjadi tanggung jawab masing-masing kontingen.
  • Transportasi untuk keperluan kegiatan Jumbara disediakan oleh panitia.

Fasilitas Kesehatan JUMBARA

PMR Mula

PMR Madya

PMR Wira

Pengurus Bidang Relawan

Staf Bidang Relawan

Pembina Pendamping

Koordinator Forpis

Staf Markas

Pimpinan Kontingen

Pendukung

Peninjau


PMI Kabupaten Jembrana

PMI Kabupaten Tabanan

PMI Kabupaten Badung

PMI Kabupaten Gianyar

PMI Kabupaten Klungkung

PMI Kabupaten Bangli

PMI Kabupaten Karangasem

PMI Kabupaten Buleleng

PMI Kota Denpasar

Jumbara

TATA TERTIB

Tata Tertib Peserta Acara

  1. Seluruh peserta acara wajib mengikuti prosedur pendaftaran dan registrasi yang telah ditentukan oleh panitia acara.
  2. Peserta acara wajib mengenakan identitas diri seperti name tag yang diberikan oleh panitia selama acara berlangsung.
  3. Peserta acara diharapkan datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia. Keterlambatan lebih dari 15 menit dapat mengganggu jadwal acara dan kegiatan yang sedang berlangsung.
  4. Selama acara berlangsung, peserta diharapkan mengikuti jadwal kegiatan dan instruksi dari panitia acara.
  5. Peserta diharapkan menjaga ketertiban dan tidak mengganggu peserta lain atau acara yang sedang berlangsung.
  6. Seluruh peserta acara diharapkan untuk mematuhi peraturan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh panitia acara, seperti prosedur kesehatan, tata cara makan dan minum, serta penggunaan fasilitas.
  7. Dilarang membawa dan mengkonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang selama acara berlangsung.
  8. Dilarang merokok atau vape di area acara kecuali ada tempat yang khusus disediakan untuk merokok atau vape.
  9. Dalam hal terjadi permasalahan atau insiden selama acara berlangsung, peserta diharapkan untuk segera melaporkannya kepada panitia.
  10. Dengan menerapkan tata tertib yang jelas dan disiplin, diharapkan acara jumpa bakti dan gembira Palang Merah Remaja dapat berjalan lancar, aman, dan sukses.
  11. Setiap peserta wajib membawa tumbler dan dipergunakan untuk refill air minum selama pelaksanaan kegiatan berlangsung.

Jumbara

PESERTA, PENINJAU & TAMU

PESERTA
  1. Anggota PMR
    • Mula (10-12 tahun / SD)
    • Madya (12-15 tahun / SMP)
    • Wira (15-17 tahun / SMA)
  2. Pengurus Bidang Relawan (1 orang, sebagai Pimpinan Kontingen)
  3. Staf Bidang Relawan (1 orang)
  4. Pembina Pendamping (2-6 orang)
  5. Koordinator Forpis PMI Kabupaten/Kota (1 orang)
  6. Pimpinan Kontingen (1 orang)

Total maksimal anggota kontingen: 46 orang

Persyaratan:

  • Terdaftar aktif di unit PMR (dibuktikan dengan KTA/SIAMO/surat keterangan)
  • Mengisi formulir pendaftaran & membawa surat tugas
  • Sehat (dengan surat keterangan)
  • Membawa kartu BPJS/Asuransi
  • Biaya lain ditanggung kontingen
PENINJAU
  • Bukan anggota inti, mendukung kontingen di lokasi
  • Dapat berasal dari:
    • Pengurus/Staf PMI
    • Pembina/Fasilitator/Pelatih PMI
    • Anggota PMR (Mula, Madya, Wira)
  • Boleh mengikuti kegiatan sosialisasi
  • Biaya ditanggung pribadi/kontingen
  • Maksimal 25 peninjau per kontingen (wajib registrasi)
TAMU
  • Pengunjung resmi dengan kepentingan terhadap kegiatan
  • Wajib:
    • Melapor ke panitia keamanan
    • Mengisi buku tamu
    • Memakai name tag dari panitia

Jumbara

Materi Jumbara

Jumbara

Manajemen Resiko - Safety Briefing

Untuk menjaga agar kegiatan Jumbara berjalan dengan baik, aman dan tertib, maka disampaikan Safety Briefing ini kepada seluruh Kontingen, Panitia, Narasumber, Penilai, Tamu / Undangan / pengunjung untuk dilaksanakan.

  1. Menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban tenda kontingen dan sekitar lokasi kegiatan
  2. Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun/handsanitizer
  3. Masing-masing kontingen menugaskan 1 (satu) orang yang bertugas sebagai safety officer yang bertugas memastikan unsur-unsur keamanan dan keselamatan terpenuhi
  4. Selama kegiatan, tidak diperkenankan ada kegiatan Perundungan (bullying), Pelecehan dan tindak kekerasan dalam bentuk apa pun
  5. Pemisahan akomodasi tenda bagi peserta dan pendukung putra dan putri
  6. Pembatasan mengenakan/membawa barang-barang berharga serta manajemen keamanan untuk mencegah kehilangan atau hal-hal yang tidak diinginkan
  7. Menyiapkan dengan baik sistem listrik terutama untuk mengisi ulang daya (re-charge) alat elektronik agar aman dari konsleting dan kehilangan
  1. Dapur umum atau memasak dilaksanakan di area yang aman dan terbuka (tidak di dalam tenda)
  2. DILARANG MEROKOK DAN VAPING di area perkemahan. Merokok dan Vaping hanya dapat dilakukan di area yang telah ditentukan oleh panitia
  3. Manajemen sampah/limbah: Sampah dipilah kemudian dibuang ke tempat sampah yang tertutup sesuai dengan pengelompokan sampah. Tidak diperkenankan membakar sampah.
  4. Berkegiatan hanya di area perkemahan dan lokasi-lokasi yang telah ditentukan oleh Panitia. Mohon diperhatikan apabila berkegiatan di sekitar danau agar selalu dalam pengawasan
  5. Mengenali dan mengikuti arahan petunjuk keselamatan dan evakuasi
  6. Seluruh kendaraan diparkir di area parkir yang telah disediakan

Sebagai dampak Fenomena Aphelion (titik terjauh bumi dengan matahari) maka akan menyebabkan suhu yang lebih dingin dari sebelumnya. Prakiraan cuaca di wilayah Bedugul dan sekitarnya pada tanggal 20 sd 24 Juli diperkirakan cerah berawan dengan potensi hujan. Suhu terendah 22o (malam hari) dan tertinggi 31o (siang hari) dengan rata-rata suhu 25o - 27o, agar kontingen memastikan kembali terkait:

  1. Pakaian (hangat) yang akan dipergunakan oleh peserta/kontingen, dan pakaian ganti yang cukup, Jas hujan dan payung, serta sepatu boot karet (jika diperlukan)
  2. Alas tempat tidur dan selimut
  3. Makanan-minuman hangat terutama disaat suhu udara dingin
  4. Mengidentifikasi kontingen jika terdapat yang alergi terhadap suhu dingin dan atau alergi lainnya
  5. Menyiapkan tim kesehatan di masing-masing kontingen dan menambah dengan thermal blanket atau selimut untuk mencegah hipotermia
  6. Menyiapkan obat-obatan/vitamin untuk menjaga stamina kontingen
  7. PMI Provinsi Bali menyiagakan 2 unit ambulans jika terjadi keadaan emergency

Jumbara

Hubungi kami

Budi Suharjo

Kepala Markas

Suardana

Kadiv PB & Relawan

Putu Budana

Staf Bidang Relawan

Uland

Sponsorship & Kemitraan